RSS
Container Icon

Apakah Hamster Termasuk Jenis Tikus?

White Mice

White Hamster

Sebenarnya ini adalah pemikiran terbesarku saat ini. Hamster itu sama atau tidak dengan tikus. Makanya aku buat polling seperti terlihat di sisi kanan sebelah atas artikel ini, kamu-kamu ikutan ya mengisi polling tersebut untuk semakin mengerucutkan status hamster binatang kesayangan kita ini, sebenarnya termasuk jenis tikus atau bukan.

Karena sampai dengan saat ini aku masih meyakini hamster berbeda dengan tikus, tapi ketika ada yang mengatakan bahwa hamster sama dengan tikus karena termasuk jenis tikus, maka aku mulai pusing dibuatnya. Mulailah aku mencari artikel tentang dua binatang ini. Yang pasti wikipedia adalah rujukan utamaku meski itu bukan jaminan sebagai sebuah kebenaran yang mutlak karena siapapun bisa menyuntingnya.

Balik lagi dengan kebingunganku tersebut, berikut adalah klasifikasi mereka :


Kalau kita lihat dari tabel di atas, perbedaan mencolok antara Hamster dan Tikus ada pada Family dan Subfamilinya.

Kalau hamster termasuk jenis tikus seharusnya family hamster adalah Muridae bukan Cricetidae. Dan kalaulah Cricetinae masuk dalam subfamily Muridae mungkin aku masih setuju kalau hamster termasuk keluarga tikus. Lantas kenapa masih ada orang yang mengatakan kalau hamster termasuk jenis tikus ya?....

Apakah karena bentuknya yang hampir mirip? Atau apa?

Untuk para pecinta hamster, ada yang bisa jelasin dan bantu saya? Mereka BEDA atau SAMA ya? Tolong kasih penjelasan dan link-link yang mungkin bisa buat kita belajar tentang ini kalau ada. Kalau perlu, tanya juga ya ke orang-orang terdekat atau yang kamu kenal yang bisa jelasin ini semua.

Oke, saya sangat berterima kasih untuk semua pencinta hamster yang mau sharing dan memberikan komentarnya di sini. Supaya bisa clear status binatang kesayangan kita ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Artikel Hamster Hobbie's & Everything Terupdate :